Cara Root Android ICS (Ice Cream Sandwich) dan Gingerbread

Advertisements

Teknologi Terbaru – Root adalah posisi dengan hak akses tertinggi dalam sebuah sistem operasi. Jika digunakan dalam istilah android, root adalah hak ases tertinggi dalam ponsel android tersebut.

Dengan root, ada banyak hal yang bisa kita lakukkan di android kita. Misalnya saja mengganti stock rom dengan custom rom, menggunakan aplikasi-aplikasi yang memerlukan root, dan yang sebelumnya saya tulis. Akan lebih mudah memindahkan aplikasi android ke sd card dengan root.

Cara Root Android

Sebelum ini Teknologi Terbaru sudah pernah menulis tentang cara root android (klik), tujuannya sama yaitu untuk mendapatkan akses root android. Dan sekarang saya akan membagikan cara root android, namun menggunakan cara berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya kita menggunakan SuperOnleCLick, di cara yang sekarang kita akan menggunakan DooMLoRD’s Easy Rooting Toolkit (selanjutnya akan kita sebut DERT agar lebih mudah) yang sudah terkenal di forum XDA.

Sebelum melangkah ke proses rooting, akan saya berikan semua keterangan mengenai DERT yang akan kita gunakan. proses yang akan dilakukkan,tipe android yang didukung, dll. Semua keterangan diambil dari thread asli disini.

Tipe android yang didukung (cek milik anda)

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum root android :

  1. Cara ini hanya bekerja di Windows.
  2. Pastikan ADB Driver android anda sudah terinstall di PC.
  3. Aktifkan “USB Debugging“, caranya masuk ke Menu >> Setting >> Developer Options atau jika tidak ada ke Menu >> Setting >> Applications >> Development. Beri centang pada USB Debugging.
  4. Aktifkan Unknown Sources, caranya masuk ke Menu >> Settings >> Security atau jika tidak ada ke Menu >> Settings >> Applications. Berikan tanda centang pada Unknown Sources.
  5. (Opsional, tidak harus dilakukkan) Ubah screen timeout menjadi 10 menit atau lebih. Caranya masuk pada Menu >> Settings >>> Display.
  6. Koneksikan USB ke hp android terlebih dahulu, baru ke PC.

Panduan Root Android dengan DERT

1. Koneksikan hp android ke PC, skip saja saat ada notify PC Companion.

2.Download DERT di thread resminya disini. Pilih diantara empat link seperti pada gambar dibawah ini :

Download Rooting Toolkit

3. Ekstrak di folder manapun, anda akan menemkan sebuah folder dan file bernama runme.bat

4. Klik pada runme.bat, maka jendela CMD dengan panduan akan terbuka.

Doomlord Rooting Toolkit Preview

5. Pada jendela CMD akan terdapat keterangan penggunaan DERT. Anda tinggal mengikuti step by step yang terpampang pada jendela tersebut sampai selesai.

NB : Saat proses berjalan, HP android anda akan melakukkan reboot. Tapi tak usah khawatir karena hal itu adalah prosesnya.

6. Jika sudah selesai, anda bisa mengecek rootnya dengan aplikasi root checker.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba panduan root android ice cream sandwich dan gingerbread.

root android ics, cara root ics, cara root android gingerbread