Cara Upgrade Firmware Sony Xperia Neo dan V ke 4.1.B.0.587 Official

Advertisements

Teknologi Terbaru – Belum lama ini, ponsel Sony Xperia Neo dan Neo v mendapatkan notifikasi untuk upgrade ke firmware baru (official) dari pihak Sony Mobile. Firmware yang baru tersebut adalah Firmware ICS 4.0.4 – 4.1.B.0.587 atau lebih mduahnya kita akan sebut Firmware .587.

Sony Xperia Neo V

Notifikasi untuk upgrade firmware ke .587 di Xperia Neo atau Xperia Neo V bisa anda lihat dibawah ini :

Notifikasi Update 4.1.B.0.587 Official

Setelah anda memastikan Sony Xperia Neo (bagi pemegang Neo) dan Neo V (bagi pemegag Neo V) anda mendapatkan notifikasi upgrade, anda bisa mengupgradenya menggunakan 2 cara.

Cara Upgrade Firmware .587 Pertama – Via PC Companion

Cara yang pertama cukup mudah, tinggal hubungkan ponsel anda ke laptop (yang sudah terinstall PC Companion) via usb. Maka PC Companion nanti akan memberikan pemberitahuan upgrade, dan anda tinggal mengukikuti caranya satu demi satu.

Namun cara diatas hanya berlaku untuk ponsel sony yang masih locked bootloader. Jika ponsel anda sudah unlocked bootloader dan masih memaksakan untuk upgrade via PC Companion, maka akan ada resiko terjadi brick pada ponsel anda.

Cara Upgrade Firmware .587 Kedua – Via Flashtool

Bagi yang ponselnya sudah unlocked bootloader, bisa menggunakan cara kedua. Dalam upgrade firmware ke .587 via flashtool, kita akan memerlukan:

1. Flashtool Driver : Bisa diinstall saat instalasi flashtool

2.Firmware .587 untuk Sony Xperia Neo : Download disini

Firmware .587 untuk Sony Xperia Neo V : : Download disini

3.Flashtool : Download di http://androxyde.github.com/

Untuk cara yang satu ini, menggunakan flashtool. Bisa digunakan oleh locked maupun unlocked bootloader. Langsung saja ke cara upgrade firmware .587 via flashtool:

1. Install Flashtool ke komputer atau laptop anda, centang semua opsi driver ketika instalasi berlangsung agar nanti lebih mudah.

2. Untuk firmware, setelah selesai didownload anda akan mendapatkan file berekstensi .ftf. Tempatkan file tersebut pada C:\Flashtool\firmwares.

Sekarang saatnya proses upgrade firmware

3. Buka Flashtool, klik pada logo Flash berbentuk petir, kemudian pilih Flash Mode.

4. Pada flash mode, pilih firmware .587 yang anda download tadi. Centang pada Wipe data,wipe cache, dan no final verification seperti gambar dibawah ini:

Pilih Firmware .587 Pada Flashtool

Setelah selesai, klik OK

5. Flashtool akan melakukkan persiapan flashing, kemudian setelah persiapan selesai akan muncul window yang meminta anda menyambungkan ponsel anda ke komputer/laptop dalam keadaan Flashmode. Jika anda belum mengerti flashmode, ikuti penjelasan singkat dibawah ini.

Masuk ke FlashmodePenjelasan singkatnya adalah saat anda akan menyambungkan ponsel ke laptop, tekan dan tahan tombol back sambil anda menghubungan ponsel dan laptop yang sudah siap tadi via USB. Jika sukses, maka saat tersambung lampu indikator pada ponsel akan menyala dengan warna hijau dan log pada Flashtool akan memberikan info bahwa ponsel tersambung dalam FlashMode.

6. Proses flashing akan berlangsung, tunggu sampai selesai (Flashtool akan menunjukkan prosesnya).

7. Setelah selesai, maka log pada Flashtool akan memberikan info bahwa device sudah disconnected dan anda bisa mencabutnya.

8. Nyalakan ponsel anda seperti biasa, dan selamat. Sony Xperia Neo (jika anda pengguna NEO) dan Neo V (jika anda pengguna NEO V sudah sukses update ke firmware 4.1.B.0.587 Official. Jika anda belum merasa yakin, silahkan cek pada Settings >> About. Maka anda akan melihat info ponsel anda seperti dibawah ini (gambar diambil dari Xperia Neo):

Sukses Update ke Firmware 4.1.B.0.587 Official

Perhatikan build numbernya saja, sukses kan?

9. Selesai

Selamat mencoba firmware terbaru Xperia Neo dan V ini.

Thanks for rekan-rekan di Official Group Xperia Neo, Neo V, Xperia PRO Indonesia

upgrade xperia neo v, Xperia neo v, cara update xperia neo v