Kalah Dari Search Engine Lokal, Google Jadi Nomor Empat di Cina




Teknologi TerbaruGoogle dikenal sebagai search engine nomor satu didunia, mengalahkan Bing dan Yahoo. Di banyak negara juga demikian, Google tetap menempati peringkat teratas sebagai Search Engine yang paling banyak digunakan.

Namun lain lagi jika kita bicarakan nasib google di Cina. Berbeda denan popularitasnya di negara-neagra lain atau dunia internasional. Di dataran China, google justru kalah pamor dibandingkan 3 search engine lokal Cina dan hanya menduduki peringkat 4 sebagai search engine yang paling banyak digunakan.

Fakta tersebut terungkap setelah CNZZ membeberkan data mereka. Di negara berpenduduk terbesar di dunia itu, Baidu.com menjadi mesin pencari paling populer dan paling banyak digunakan dengan persentase 72,97%. Tempat kedua diduduki oleh So.com dan Sogou yang masing-masing mendapatkan 9,64% dan 7,83%.

Search Engine di China
gambar:techinasia.com

Sedangkan google dan search engine besar lain, seperti bing dan yahoo hanya mendapatkan sebagian kecil saja. Google di peringkat empat Cina dengan 4,72%, disusul dengan Bing 0,52%, dan terparah Yahoo dengan 0,25%. Detail data CNZZ secara keseluruhan bisa anda lihat dibawah ini:

Search engine Market Share (PVs)
Baidu 72.97%
Qihoo’s So.com 9.64%
Sogou 7.83%
Google 4.72%
Tencent’s Soso.com 3.68%
Bing 0.52%
Netease’s Youdao.com 0.31%
Yahoo 0.25%
Zhongsou 0.03%
Qihoo.com 0.01%
others 0.03%

Bukan hanya search engine saja, kabarnya Google Maps pun juga mengalami penurunan pengguna di negara raksasa ini. Memang, sejak masalah besar melanda dunia Cyber China dulu. Perusahaan-perusahaan dari luar memang mengalami penurunan dan mulai digantikan dengan produk lokal.

sumber : techinasia